Moment Paskah jadi Ajang Silaturahmi

PLN Ketapang Lakukan Perbaikan Sehingga Pemadaman Bergilir
02 April 2018
Ribuan Batang Kayu Ilegal Loging Ditemukan Polisi
02 April 2018

Henrikus Gelar Open House Paskah

Mantan Wakil Bupati Ketapang, Henrikus, menilai jikka Hari Paskah tidak sebatas perayaan seremonial semata. Hari Paskah bagi dia memiliki makna yang cukup dalam pada pengorbanan dan kebangkitan Kristus. Oleh karenanya, perayaan Paskah diharapkan dia menjadi momen untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

Umat kristiani, menurut dia, merayakan Paskah sebagai kemenangan dan harapan. Makna kemenangan itu, diungkapkan dia, direfleksikan dengan kemenangan dari Yesus dalam mengalahkan alam maut, yaitu bangkit dari kematian. Sedangkan makna harapan, dikatakan dia, direfleksikan dengan adanya harapan terhadap kedatangan Yesus yang kedua kali untuk menyelamatkan umat-Nya.

“Paskah memiliki arti penting sebagai puncak dari rangkaian peristiwa sengsara, wafat hingga kebangkitan yang merupakan inti dari ajaran kristiani. Oleh karenanya, perayaan ini diharapkan sebagai moment untuk merubah diri untuk lebih laih lagi ke depannya, baik secara pribadi, keluarga dan masyarakat,” kata Henrikus, kemarin (1/4) siang.

Untuk memperingati Hari Paskah ini, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, dia beserta keluarga menggelar open house di kediaman pribadinya di Jalan KH Mansyur, Kelurahan Sampit, Kecamatan Delta Pawan. Selain untuk memperingati kebangkitan dan kemenangan, hari tersebut juga dimanfaatkan dia untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat.

“Ini bukan hanya tentang makhluk dengan Tuhan, namun juga makhluk dengan makhluk lainnya, yaitu sesama umat manusia. Jika ibadah kepada Tuhan adalah wajib hukumnya, berbuat baik kepada sesama juga wajib,” jelasnya.

Open house ini dihadiri oleh ribuan masyarakat Ketapang. Sejumlah pejabat juga terlihat hadir dalam kegiatan yang digelar sehari penuh ini. Di antaranya Kapolres Ketapang, Dandim 1203 Ketapang, sejumlah pejabat di lingkungan Pemda Ketapang, serta tokoh masyarakat Ketapang juga ikut hadir pada kesempatan ini.

Dengan pelaksanaan open house ini, dia bersama keluarga bisa bertatap muka dengan masyarakat. “Kegiatan ini rutin kami gelar setiap tahunnya. Tidak hanya pada saat saya menjabat sebagai Bupati saja, sebelum saya menjadi Bupati acara silaturahmi seperti ini rutin kami gelar setiap tahunnya,” ungkapnya.

Tak hanya pada perayaan Paskah saja, namun juga pada perayaan hari besar lainnya, termasuk Natal, tetap digelarnya open house seperti ini. “Kita bersyukur masyarakat selalu ramai datang bersilaturahmi, bahkan dari berbagai lapisan. Ini juga membuktikan bentuk toleransi antarsesama umat beragama di Kabupaten Ketapang,” paparnya.

Dengan semangat kebersamaan serta keharmonisan yang selama terjalin, dia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk terus saling menghormati antarsesama, sehingga kondisi kondusif yang selama ini tercipta di Ketapang terus terjalin. “Ketapang merupakan daerah aman dan nyaman, dan ini harus terus kita jaga bersama,” ajak Henrikus. (afi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *